Breaking News

Di Balik Keterbatasan Siswa Siswi SLB Pamerkan Bakat dan Karya Bagi Masyarakat



PURWOREJO ( KORANPURWOREJO.COM )---MESKI dalam keterbatasan siswa-siswi Sekolah Luar Biasa ( SLB ) Negeri Purworejo, mampu menampilkan berbagai hasil karya dan penampilan seni budaya yang luar biasa, hal itu dipamerkan dalam bazar ketrampilan dan kegiatan kewirausahaan siswa siswi SLB.

Kegiatan digelar hari Rabu (13/11) di SLB N Purworejo yang beralamat di Jln Wr Soepratman  kilometer 2 Cangkrep Lor Purworejo. Dengan total murid 250 dari SD SMP dan SMA dengan kebutuhan khusus seperti tuna grahita,  tuna daksa,  tuna rungu,  tuna Netra dan autis.  

Ketrampilan wirausaha dan bakat sesuai dengan kurikulum, kopetensi inti dasar peraturan dirjen pendidikan. Dimana pedoman kurikulum 13 pendidikan khusus adalah 60 persen Vokasi , 40 persen Akademis. Hal itu disampaikan oleh Catur Endah Kartikawati salah satu guru SLB N Purworejo.

Catur Endah Kartikawati mengatakan, anak-anak diberikan pendampingan mengenai ketrampilan seperti  seni musik,  vocal dan tari. Ada juga dalam hal jasa seperti salon, boga, pembuatan paving batik dan busana. 

“Anak-anak sudah mampu meraih  prestasi, salah satunya Udin dengan keterbasannya tuna netra, ia mampu bermain keyboard dan sekarang menjadi asisten guru musik di SLB N Purworejo. Dia pun sering meraih juara dan job untuk bermain keyboard dalam kegiatan-kegiatan umum, atau job di luar,” kata Catur Endah.

Dengan kegiatan ini diharapkan juga masyrakat mampu melihat lebih karya-karya anak dengan kebutuhan khusus, dimana mereka juga bisa berkarya dan berguna tidak kalah dengan orang normal.

“Hal yang masih menjadi keduka saya adalah mau dibawa kemana anak setetelah selesai. Jika masyarakat  sendiri menanggapi saudara kita yang mengalami kekurangan ini dengan sebelah mata, belum teredukasi dengan benar agar semua mampu berjalan seimbang dan baik bagi semua,” ungkap Catur Indah.

Dalam pameran total 6 stand jasa yaitu batik, paving , busana, kecantikan, boga dan kerajinan tangan sovenir. Dan  pertunjukan musik nyanyi dan tari. (MAS)

Tidak ada komentar