Breaking News

Anggota Teater Raut SMA Negeri 2, Diworkshop Di Area Sungai Bogowonto.



PURWOREJO ( KORANPURWOREJO.COM)-- TEATER Raut SMA Negeri 2 Kutoarjo, Minggu ( 4/11) di badan sungai Bogowonto mengadakan Workshop bagi anggotanya.  Drs. Arif Arvianta Achmad, Mpd, Kepala SMA N 2  memandang penting kegiatan tersebut. Supaya anak anak tahu proses untuk mengenali potensi dirinya. Karena di dalam teater juga berkait dengan phsykho kognitif, afektif dan pshyko motorik.

Acara yang digelar di tepian Sungai Bogowonto, serta menyewa ruang Kedai Bogowonto itu, berjalan sejak pagi dini hari. Hingga menjelang sore.  Menghadirkan pemateri Aktifis teater Agus Pramono, yang memberi materi dasar dasar teater. Meliputi pengenalan alam, olah vokal, olah gerak, serta perenungan, mengenali potensi diri sendiri. Hadir pula Hardjanto Djee memberikan motivasi bagi puluhan anggota Teater Raut.

Sastrawan  Sumanang Tirtasujana juga  didatangkan untuk memberikan materi yang berkait dengan literasi (menulis karya).  Dihadapan puluhan anggota dan pengampu Teater Raut,  Sumanang menjelaskan,  bahwa menjadi anggota teater tidak harus menjadi pemain ( aktor / aktris ). Banyak hal yang bisa didapat didalam pergumulan dunia teater, Ungkap Sumanang.

Masih menurut Sumanang ", Kalian selain bisa jadi  Aktor,  bisa juga  jadi penulis ceritanya, bisa jadi  Make Up  artis,  bisa pula jadi penata lighting, penata musik, atau bisa pula menjadi pengelola manegemen pertunjukannya.
Presentasi pentas 3 babak (foto barep).

"Kalian semua, melalui Teater Raut akan bisa lebih cepat menemukan diri . Karena didalam teater, juga diajarkan olah rasa, olah jiwa, kepekaan, olah pikir bahkan eksplorasi. 
Kelak kalian, bekerja dimanapun,  mau jadi  pramugari, polisi, guru, atau profesi lainnya, maka olah rasa dan jiwa dari teater akan memberi warna hidup kalian. Menjadi pribadi yang elegan, sportif, tangguh, percaya diri dan berkepribadian " Imbuh Sumanang.

Dalam materi penulisan, Sumanang  mengajarkan strategi menulis cerita, juga menulis Cerpen. Bagi  peserta yang bertalenta dan berniat  jadi penulis, diberi tugas 1 jam untuk menulis cerita tiga babak untuk dipentaskan. 

Alhasil setelah peserta dibagi 3 kelompok, maka certa yang dituliskan,  dalam waktu singkat di pentaskan, menjadi pertunjukan yang unik dan  menjadi sajian yang menarik.
Pentas 3 babak kelompok 2 ( foto barep).

Dari acara workshop tersebut, Zumrotu Nirgmah (16)  mengaku sangat senang mendapat pengalaman baru. Mendapat wawasan untuk memaknai hidup.

Sementara Yana Berlianti Supratman, kepada Wartawan KoranPurworejoCom, mengaku, meski baru di workshop sekali, rasanya sudah tambah mental. 
" Tidak rendah diri dan menemukan diri sendiri " Akunya.

Hal senada juga diungkapkan Ayu Kuscahyanti dan Novia Refi Dwi Safitri,  " Setelah diberi olah vokal, olah tubuh, dan diberi motivasi serta kepenulisan. Rasanya jadi fress.  Jadi kenal dengan diri sendiri " Ungkap  Ayu.

"Workshop Teater, bagi saya makin menumbuhkan keoptimisan. Sekaligus lebih mengenal diriku sendiri.
Imbuh Novia.

Perlu diketahui pembaca, seperti dikatakan  Agus Pramono, selaku pengampu, bahwa  Teater Raut SMAN2 Kutoarjo, alhamdhulilah jadi teater pelajar yang cukup diperhitungkan. Sering jadi langganan juara festival teater pelajar di Purworejo. 

Pernah mewakili Purworejo dalam Festival Teater seJateng di Solo, dapat rengking 5 dari 35 Kabupaten. Kecuali itu, yang lebih membanggakan, ada alumni Teater Raut yang menjadi Editing Filmnya Garin Nugroho. Serta ada yang menjadi aktris andalan di Dewan Teater Yogyakarta, kata Agus Pramono.
( Barep Unggul Pribadi).

Tidak ada komentar