Breaking News

10 November, Ribuan Keluarga Besar STM PN, Napak Tilas Para Pejuang, Dengan Kirab Budaya.



PURWOREJO, ( KORANPURWOREJO.COM)  ) --RIBUAN dari  Keluarga besar STM PN Purworejo menggelar Acara Grebeg Ageng serta arak – arakan karnaval. Melibatkan ribuan siswa. Kegiatan yang dilaksanakan hari Sabtu ( 10/11) , adalah dalam rangka Hari Ulang Tahun ( HUT ) SMK PN yang ke 50 dan yang ke 24 SMK PN 2 . Diikuti  sekirar  1500 peserta dari keluarga besar Yayasan SMK PN dan SMK PN 2.

Start pemberangkatan dari SD N Kliwonan, depan Masjid Agung Purworejo, Stasiun Lama, Hotel  Intan, terakhir ke Pendopo Bupati Purworejo. 
Arak – arakan tersebut dilepas oleh Anggota DPR RI Komisi  X Ir Bambang Sutresno dan Anggota DPD/ MPR RI Pokja 4 yakni Denti Eka Widi Pratiwi SE, MH.
Suasana kota Purworejo sungguh menjadi gegap gempita, ribuan orang berjajar menikmati suguhan berbagai kesenian dan arak arakan, dalam momentum 50 tahun STM PN.

Pendiri sekaligus Pembina Yayasan SMK PN dan SMK PN 2 .Drs ,Ari Edy Presetyo MBA kepada awak media mengatakan, bahwa kegiatan HUT  Yayasan SMK PN yang lahir tanggal 10 November 1968 tersebut,  awal mulanya di SD N Kliwonan pada saat itu Yayasan SMK PN masih bergabung  dengan  SD tersebut Kegiatan sekolahnya waktu itu SMK PN masuknya Siang.  Mengapa kegiatan  karnaval  startnya dari SD N Kliwonan, kita semua keluarga Yayasan SMK PN melakukan napak tilas, karena pada tahun 1968 tanggal 10 November lahir dan di mulai kegiatan sekolah SMK PN dim SD N Kliwonan.

Dikatakan oleh Drs Ari Edy Prasetyo MBA, dipilihnya kenapa tanggal 10 November dengan pas Hari Pahlawan, agar keluarga besar SMK PN ini selalu mengikuti jejak para pahlawan untuk menegakan NKRI, menjaga Pancasila, UUD 45 dan Bhineka Tunggal Ika.

Kegiatan ini diarahkan pada perilaku  pecapaian tujuan bernegara . Sebagaimana yang diamanatkan oleh pembukaan UUD 45, lebih jelasnya melindungi tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan perdamaian dunia yang berdasarkan keadilan sosial. Intinya pencampaian masyarakat berdaulat adil dan makmur. Tandas Drs. Arie Prasetyo, Mba.

Perilaku didalam diarahkan untuk mempunyai sistem korps yang baik yang tertata sehingga tujuannya adalah menjaga Pancasila, menjaga NKRI mengembangkan budaya bhineka tunggal ika dan tetap sesuai cita- cita para pahlawan bangsa ini.  Dan Kegiatan HUT Yayasan SMK PN sejak tadi malam dimulai acara tasyakuran dan pagi ini upacara Hari Pahlawan dilanjutkan dengan pidato ulang tahun oleh pembina Yayasan dan amanatnya bagaimana SMK ini berdiri dan arahnya mau kemana kedepan.

Aktivitas yang lain dengan Grebeg, kita membawa 9 tumpeng. 9 dalam filosofi adalah angka yang paling besar dimana gunungan itu menjulang tinggi tetapi tetap berakar pada budaya yang Adi Luhung.  Maka yang dibawa adalah tumpeng, dan tumpeng itu melambangkan budaya kedaerahan dan tidak hilang dalam acara dibumi Indonesia.  Kekuatan SMK PN yaitu dari pengurus Yayasan dari Kepala Sekolah dan jajarannya serta guru dan karyawan dan para siswa, kemudian Gundala (Gundala itu Alumnus SMK PN yang datang dari seluruh Indonesia) juga Ibu Pika yaitu Persatuan Istri guru dan Karyawan, sejumlah 2000, tandas Drs Ari Edy Prasetyo MBA.

Ditambahkan oleh Ari, ada juga dari Arjuno yaitu Anak yunior atau cucu dari keluarga besar Yayasan SMK PN dan semuanya ikut dirombongan ini. Sehingga bisa di tampilkan ada Drum band, hadroh dan juga ada kesenian budaya lainya. Dan sambil menujukan kepada masyarakat bahwa SMK PN ini sudah memasuki usia setengah abad. 

Kehadiran Ir Bambang Sutrisno selaku putra daerah yang duduk di DPR RI Komisi X, adalah bagian dari hal yang membaggakan. Karena diketahui, politisi dari partai Golkar tersebut memang sangat memperhatikan daerah yang diwakilinya..( SM.Tirta).

Tidak ada komentar