Breaking News

Kurun waktu 1 tahun, Kecamatan Butuh Sabet Banyak Juara



BUTUH ( KORANPURWOREJO.COM )-- KECAMATAN Butuh, yang berada  sisi paling  barat Kabupaten Purworejo, tepatnya di perbatasan Purworejo Kebumen. Dalam kurun satu tahun, dibawah kepemimpinan Camat Wasit Diono S.Sos, sabet banyak juara dalam berbagai bidang.

Seperti yang disampaikan oleh Ny Pipit Wasit Diono, ketua Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Butuh. Bahwa pada kurun satu tahun ini Kecamatan Butuh khususnya dalam bidang PKK meraih 3 juara dari 6 nominasi lomba PKK tingkat Kabupaten.

Kecamatan Butuh meraih Juara satu dari 6 nominasi diantaranya ialah Lomba Kesatuan gerak PKK Keluarga Berencana ( KB ) Kesehatan, Lomba Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat ( PHBS ), Lomba Lingkungan Bersih Dan Sehat ( LBS ).

“Tidak hanya itu, dalam nominasi lain pun kita selalu masuk dalam 6 besar, terlebih PKK di Kecamatan Butuh menjadi peringkat 3 dalam pembayaran Pajak Bumi Bangunan ( PBB ) Kabupaten Purworejo, ada juga lomba senam Lansia juara 1 Tingkat kabupaten 2018,” kata Pipit.

 “Pembinaan kepada warga masyarakat pastinya untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga, hal itu PKK Kecamatan turun langsung ke desa – desa melakukan pembibingan,  pembinaan, pemberdayaan. Sudah terlihat dari hasilnya dapat dirasakan masyarakat itu sendiri, dengan lingkungan yang bersih dan sehat, dari perilaku maupun kemajuan ekonomi nya sangat dirasakan,” ujar pipit.

Di PKK para anggota tidak juga dibina terkait pengembangan ekonomi seperti Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ), dimana masyarakat mampu mengembangkan usahanya dari hal kecil seperti kualitas dan kuantitas produk hingga pengemasan dan pemasaran.

Sebelum lomba tingkat kabupaten kelompok PKK dari desa-desa juga mengikuti seleksi tingkat kecamatan untuk mendapatkan maju ke Kabupaten. “Pada Tahun 2019 kecamatan Butuh akan mewakili Kabupaten Purworejo dalam perlombaan PKK tingkat Provinsi, khususnya dalam bidang lomba Kesatuan Gerak PKK Keluarga Berencana ( KB ) Kesehatan, Lomba Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat ( PHBS ), Lomba Lingkungan Bersih Dan Sehat ( LBS ),” Jelas Pipit Wasit Diono.

Di sisi lain, Wasit Diono S.Sos Camat Kecamatan Butuh menyampaikan ucapan  selamat kepada PKK Kecamatan yang mampu meraih juara di tingkat Kabupaten.
“Pastinya tidak berhenti disini saja dan dengan desa binaan yang juara saja, pergerakan PKK di Kecamatan Butuh merata saling berkompetisi dalam hal baik. Terlebih juga semua tidak lepas dari campur tangan pemerintah desa yang harus selalu support dan bersinergi,” Tandas Wasit. (Mas)

Tidak ada komentar