Breaking News

75 delegasi ASEAN Kunjungi koperasi Srikandi Purworejo



PURWOREJO ( KORANPURWOREJO.COM )--- ASEAN Visit 2018 yang terdiri dari perwakilan 7 negara ASEAN diantaranya adalah Filipina, Malaysia, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja dan Indonesia.

Perwakilan dari 7 negara ASEAN terdiri 75 delegasi dari perwakilan Pemerintahan,  pimpinan koperasi, sektor swasta dan akademisi.

Dalam kunjungannya di Kabupaten Purworejo, Rabu  (24/10). Dengan Tema Memperkuat Peran Koperasi Pertanian dalam Pengelolaan Rantai Nilai Kelapa dan Penciptaan Lapangan Kerja di Daerah Pedesaan. Peserta ASEAN Exchange Visit 2018 kunjungin koperasi Srikandi di Cangkrep Kidul Purworejo.

Pemilihan kunjungan di Kabupaten Purworejo adalah salah satu cara untuk menunjukkan koperasi pertanian di Indonesia sudah maju dan baik tidak kalah dengan di luar, satu diantaranya koperasi Srikandi yang berada di Kelurahan Cangkrep Kidul, Purworejo,  kata Victoria Boru Simanungkalit, PLT Sekertaris Deputi untuk Pertanian dan Perkebunan Kementerian Koperasi UKM RI,

"Hal ini juga bertujuan untuk menginspirasi kegiatan pemberdayaan petani dengan mempromosikan kolaborasi lintas sektoral antara petani, pemerintah, sektor swasta, institusi keuangan dan akademisi," Ungkapnya.

Peserta juga diajak untuk memperluas wawasan tentang tantangan dan peluang dalam rantai nilai kelapa melalui diskusi panel dan kunjungan lapangan untuk berbagi praktik dalam sector pertanian kelapa serta pengembangan produk berbasis kelapa.

Kegiatan ini juga mendukung implementasi Startegic Plan of Action untuk kerjasama ASEAN dalam koperasi pertanian periode 2016-2020.

Wakil bupati Purworejo Yuli Hastuti,  menyambut baik kedatangan delegasi dari berbagai negara.
“Saya berharap nantinya akan ada kerjasama dari kunjungan ini, untuk industri kelapa sendiri belum secara optimal tapi dengan adanya ini bisa untuk meningkatkan potensi kelapa di kabupaten Purworejo,” ujar Yuli Hastuti.

Saat berkunjung ke tempat produksi gula kelapa kristal organik milik koperasi Srikandi di Kelurahan Cangkrep Kidul peserta delegasi diajak melihat langsung bagaimana kegiatan produksi gula kristal yang sudah bersertifikat yang dikelola koperasi Srikandi ini.

Sebelum melihat langsung proses awal hingga pengepakan dan pengiriman peserta mendengarkan pemaparan dari Sri Susilowati ketua koperasi Srikandi. (Mas)

Tidak ada komentar