Breaking News

5173 Ayam Bakar Warnai Sedekah Bumi di Desa Kemranggen.



BRUNO ( KORANPURWOREJO.COM)--- SENIN (22/10) Di desa Kemranggen, Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo. Digelar acara  Merti Desa dengan prosesi ritual  hingga  42 Ambengan atau gunungan  yang berisi  tidak kurang dari 5173 Ayam Bakar. Acara yang sudah  dilaksanakan berpuluh tahun ini, membawa spirit kegotong  royongan bagi warga Desa Kemranggen.

Acara yang dipusatkan di i RT 3/ RW 2, berjalan dengan lancar . Meski sebelum doa pemberkatan sempat hujan sebentar.
Merti desa atau sedekah bumi warga desa Kemranggen yang digelar tiap tiga tahun sekali. Diikuti oleh ribuan warga dari desa Kemranggen dan desa  sekitarnya, seperti Desa Pamriyan, Karanggedang, Cepedak dan Gunung Condong.

Pargono (56) mantan lurah Kemranggen sekaligus ketua Panitia acara menjelaskan, 42 ambengan dalam acara tersebut berasal dari empat dusun yaitu dusun Krajan sebanyak 19 Ambengan, dusun Sawah Lor sebanyak 14 Ambengan, dusun Gablogan sebanyak 5 Ambengan dan dusun Kaligadung sebanyak 4 Ambengan.

Setelah  melalui  prosesi  acara adat,  yang juga dihadiri unsur Muspika Kecamatan Bruno, serta tamu undangan lainnya.  Serta di sertai sambutan dan doa. Selanjutnya ribuan ayam  panggang / bakar tersebut dibagikan kepada para tamu  / warga undangan yang hadir. Selain itu, dari  42 Ambengan  juga diperlombakan . Untuk mendapatkan piala bergilir dan beberapa hadiah lainnya. 

Pada tahun ini Juara 1 diraih oleh kelompok yang diketuai Warisono (56). Warisono mengaku, sengaja untuk sedekah bumi kali ini, kelompoknya membuat  Ambengan paling spektakuler dan penuh keiklasan. Supaya mendapat berkah yang melimpah.

"Di Ambengan kami ada 275 ekor ayam jadi yang terbanyak dalam satu ambengan, dengan total biaya mencapai Rp 30 juta," kata Warisono. (Mas- Tirta)

Tidak ada komentar