Breaking News

Wow.. 15 Parpol Di Purworejo Laporkan Dana Kampanye Awal Nol Rupiah



PURWOREJO ( Koranpurworejo.com ) – LIMA belas (15) partai dari 16 partai politik (parpol), melaporkan dana awal kampanye sebesar nol rupiah.

Laporan awal dana kampanye (LADK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo. Lima belas partai tersebut seluruhnya melaporkan dana awal kampanye sebesar nol rupiah.

Ketua Divisi Teknis KPU Purworejo, Widya Astuti mengatakan, yang menyampaikan LADK ada 15 partai pada 23 September lalu, tiga partai perlu perbaikan yaitu PBB, Hanura, dan Garuda, sudah diperbaiki pada hari terakhir itu juga. 

"Dari 16 partai politik, yang melaporkan dana awal kampanye hanya 15 parpol. Satu parpol tidak menyampaikan laporan yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Partai tersebut memang tidak memiliki calon anggota legislatif (caleg) di Purworejo, meski demikian, Partai Garuda dan Partai Bulan Bintang (PBB) yang juga tidak memiliki caleg tetap menyampaikan LADK," kata Widya Astuti Selasa (25/9).

Mengenai besaran dana awal kampanye yang dilaporkan, Widya menyebut, masing-masing 15 parpol tersebut seluruhnya melaporkan nol rupiah. “Nol semua, masing-masing partai. Di rekeningnya masih nol, nol. Di laporannya masih nihil, nihil,” ungkapnya.

Menurutnya, pelaporan dana awal kampanye nol rupiah tersebut tidak masalah, kerena kenyataannya seperti itu. “Tidak harus ada uangnya. Nanti kan di laporan pertengahan masa kampanye ada laporan penerimaan dan penggunaan dana kampanye,” tuturnya.

Karena laporan dana kampanye tidak hanya di awal atau laporan awal dana kampanye saja, tapi juga di pertengahan dan di akhir masa kampanye,” katanya.

LADK rencana akan diumumkan pada Jumat (28/9) dan bisa diunduh di web site KPU. Tahapan selanjutnya, pada Rabu (25/9), KPU Purworejo akan mengundang partai-partai politik terkait titik-titik pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK). Selanjutnya pada Kamis (26/9) akan dilakukan bimbingan teknis laporan dana kampanye dengan mengundang parpol,  lanjut Widya.  (Mas)

Tidak ada komentar