Breaking News

Petani Purworejo Ciptakan Pestisida Nabati, Hasil Jadi Lebih Maksimal.



PURWOREJO ( Koranpurworejo.com )--- PETANI sangat akrab dengan pestisida nabati dimana pestisida nabati adalah pestisida dengan bahan dasarnya tumbuhan.

Untuk memajukan Pertanian di Purworejo maka juga digelar bimbingan teknis agribisnis Pembuatan Pestisida nabati yang ke 3, kegiatan digelar di Kelompok Wanita Tani Ngudi Rejeki,  dusun Sucen Desa Jurutengah , kec Bayan Kab. purworejo, Selasa 18/9/18.

Kegaiataan yang dilakukan selama 2 hari tanggal 18-19 akan banyak memberikan pelatihan pembuatan pestisida organik dan ada juga diskusi kelompok tani.  Peserta dari kelompok tani Ngasinan Bener, KT Sido Muncul Desa Ganggeng,  BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Purworejo , Bener,  Bayan. Kelompok tani Subur Makmur Sucen dll.

Ari Sulistiani Kabid Perkebunan Dinas Pertanian, Pangan,  Kelautan dan Perikanan kabupaten Purworejo berharap kegiatan ini sebagai pancingan untuk meneruskan ke kelompok-kelompok lain

Dan di tambahkan. Oleh Kepala BPSDM Tambun Prov Jateng (Balai Pengembangan Sumber Daya Pertanian dan Perkebunan) Iman Budiyanto MP yang di wakili  Hariyanto sst staf Binfo,  mengatakan kegiatan ini sudah berlangsung beberapa kali sebelumnya seperti di Semarang dan Boyolali.

hariyanto mengatakan "Arahan untuk pertanian , kita butuh pestisida nabati , bisa membuat pestisida sendiri dan nantinya petani mendapatkan hasil tani organik, ".

Bahan pestisida nabati diantaranya bawang putih, Pandan, Kemangi,  Cabe rawit,  Tembakau,  Kunyit, Kenikir, Daun Nimba, Serai,  Lengkuas,  Daun Sirsak,  Rimpang Jaringau.
Bahan-bahan itu sangat muda di temui dan cukup di ramu sesuai anjuran .

Daun mimba, lengkuas dan serai di tumbuk,  seluruh bahan di aduk dalam 20 L air lalu direndamkan selama 24 jam.  Keesokan harinya ramuan disaring, larutan hasil penyaringan diencerkan kembali dengan 60 L air . Larutan  itu di gunakan untuk lahan seluas 1 Ha.

Pestisida Nabati Sudah dapat digunakan dengan menyemprot.

Manfaat dan keunggulan,  1. Mudah terurai,  2. relatif aman bagi manusia,  3. Dapat membunuh hama, 4. Bahan yang di gunakan nilainya murah, 5. Dosis yang di gunakan tidak mengikat, 6. Tidak menimbulkan kekebalan pada serangga. (Mas)

Tidak ada komentar