Breaking News

Pencuri Gabah Beraksi di Desa Brengkol. Sehari Sebelum Kunjungan Bupati Saba Desa.



MINGGU malam ( 16/9 ) pukul 20.30 WIB Desa Brengkol Kecamatan Pituruh, yang sedang disibukkan untuk  penyambutan kunjungan 'Saba Desa'  Bupati Agus Bastian, SE,MM. Yang bakal disertai  Wakil Bupati Yuliastuti SH,  Kapolres Akbp ,Teguh Tri Prasetyo, Dandim Letkol Muclis Gasim,  Ketua DPRD Luhur Pambudi MM dll

Tiba tiba  digegerkan oleh kasus pencurian gabah milik Sapari ( 50 th) warga Dukuh Krajan. Karena kepergok warga, barang bukti Mobil pengangkut gabah Pic'Up Nopol G-1738-QG  beserta gabah 10  karung kandi , dan Sepeda motor Supra XX Nopol B-5756-NJ ditingal lari terduga pelaku. Terduga pelaku memilih kabur, daripada konyol tertangkap warga.
Kanit Reskrim  Aiptu Setiyono saat lakukan pengamanan pada terduga pencurian ( foto sts).

Kades Brengkol Prianto (46),  menjelaskan. Sekitar pukul 20.30 warganya  beramai ramai telah mengamankan  terduga, yang diketahui berinisial Abd ( 31 ) Warga Desa Luweng Lor Kecamatan Pituruh.

Diperoleh keterangan, dari Kodrat ( Kaur Pemerintahan Desa Brengkol ) , sejak sore  pemilik gabah Sapari (50 th), sedang tidak di rumah,  menjenguk saudaranya yang sakit, opname di rumah sakit Kebumen. Sangat dimungkinkan pelaku mengetahui jika sipemilik rumah sedang pergi.
Aiptu Setiyono saat menjemput/ mengamankan terduga pencurian di Brengkol . ( foto sts)

Ditambahkan oleh Kodrat, belum lama ini gabah milik lumbung Desa Brengkol, juga raib sekitar 2 ton. Gabah yang rencananya akan dipinjamkan kepada warga. Tiba tiba diketahui telah hilang dari lumbung.

Kronologis Awal penangkapan kasus tersebut, seperti di jelaskan  Fatoni (36 th ) , ia menaruh curiga terhadap mobil yang parkir di tempat agak gelap. Diketahui tengah  berkali kali menaikkan karung kandi gabah, yang tampak tergesa gesa, dan mencurigakan. Lalu Fatoni dan beberapa temannya sambil membawa batu dan pentungan,  menghardik. Ternyata 2 dari 3 orang tersebut lari dan sempat terjadi kejar kejaran. Keduanya lolos. Namun satu terduga berinisial Abd ( 31 th ) selaku sopir berhasil tertangkap. Oleh beberapa warga,  terduga  dibawa ke Rumah Kepala Desa. Sontak malam itu ratusan masa beramai ramai mendatangi rumah Kades. Semakin malam semakin bertambah banyak. Namun situasi masih terkendali.

Beruntung petugas Polsek Pituruh dipimpin Kanit Reskrim Aiptu Setiyono, bersama Aiptu Basuki,Bripka Buchori dan Bripka Weko Priyanto, cepat meluncur ke tempat kejadian perkara ( TKP). Untuk mengamankan terduga Abd ( 31 ) dari emosi masa. 
Mobil PicUp milik terduga pencurian kini diamankan di Polsek Pituruh ( foto sts).

Malam itu juga, Terduga Abd ( 31 th  ) beserta mobil Nopol G -1738 -QG berisi 10 karung gabah, dan satu motor Supra X, Nopol B-5756-NJ  dibawa untuk diamankan langsung di Mapolsek Pituruh. 
Guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Sebagai terduga Abd  (31)  dalam keterangannya  menyebut  seseorang yang lari, diketahui  berinisial Gn , sebagai warga Brengkol. Serta nama pemilik motor yang sengaja ditinggal kabur diketahui  berinisial Mn Kedua nama tersebut telah dikantongi pihak kepolisian.
Mobil dan 10 karung kandi gabah yang diamankan pihak polisi. ( Foto sts)

Kapolsek Pituruh AKP Junani Jumantoro, kepada wartawan menjelaskan, kasus pencurian gabah memang sedang marak terjadi  di beberapa tempat.
Sementara , untuk kasus tersebut pihaknya, masih menunggu hasil pemeriksaan lebih lanjut.
Namun pihaknya berjanji akan terus memproses sesuai aturan hukum yang berlaku. ( STS ).

Tidak ada komentar