Breaking News

MERIAH , Grebeg Jathilan Purwodadi Ada Tamu Dari Jerman dan Perancis.



PURWOREJO (KORANPURWOREJO.COM) -- PERISTIWA Grebag  Jatilan yang di gelar oleh Pemerintah Kecamatan Purwodadi ,tarian Jatilan berupa tari kolosal yang melibatkan  ribuan penari Jatilan . Jadi peristiwa kesenian terbesar di Purwodadi. Minggu siang ( 2/9 ), mengakibatkan seluruh ruas Jalan kota Kecamatan Purwodadi ditutup total untuk perhelatan tersebut.

Selain tari kolosal menggunakan kuda kepang, kuda pelepah pisang, juga diadakan arak-arakan kuda lumping raksasa mengelilingi Kota Kecamatan Purwodadi. 

Ada yang menarik diacara tersebut, ternyata, juga dikunjungi tamu tamu dari luar negeri. Dari Jerman dan Peancis. Mereka tampak keheranan menyaksikan keunikan tari Jathilan yang merakyat tetsebut. 

Tarian jathilan  kolosal tersebut, selain menurunkan seluruh Perkumpulan Jatilan ( kuda kepang ) yang ada di desa desa sebanyak 16 Grub,  juga melibatkan siswa ,SD,SMP,MTs, SMA/SMK /MA yang ada di Purwodadi. 

" Untuk menyambut suksesnya Romansa Purworejo tahun 2020, semua siswa dan elemen anak muda, saya beri ruang untuk terlibat. Untuk turut berkiprah " Ungkap Camat Purwodadi Heri Raharjo., MSi.

 " Awal nya jumlah 2.020 penari untuk menyusuaikan dengan tema Romansa Purworejo 2020, Namun pada berlansung tari kolosal jumlahnya bertambah 2.051 penari, Tambah Camat Heri Raharjo.

Bupati Purworejo Agus Bastian mengemukakan, kegiatan Grebeg Jathilan yang dilaksanakan secara kolosal dengan menciptakan kuda kepang raksasa dan melibatkan 2.051 penari menunjukkan kesiapan Kecamatan Purwodadi dalam menyongsong Romansa Purworejo 2020

“Bahkan apabila didaftarkan ke Museum Rekor Indonesia (MURI), bukan tidak mungkin acara ini bisa mendapatkan rekor MURI, karena banyaknya penari jathilan yang ikut ambil bagian dalam Grebeg Jathilan ini, “ungkap bupati.
Sementara Camat Purwodadi Drs Heri Raharjo, M.Si berharap kegiatan tersebut bisa menjadi ajang memperkenalkan seni budaya tradisi bagi generasi muda.

Bupati Pun berharap  bisa jadi promosi publik Romansa Purworejo 2020 dan digunakan sekolah untuk kegiatan festival tahunan di Purwodadi..

Tari kolosal yang melibatkan 2051 peserta ini, koreo grafinya ditangani seniman tari Riyanto Purnomo. SSn. ( S.tirta).

Tidak ada komentar