Breaking News

Katerban Kutoarjo Wakili Purworejo jadi Peserta Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) Tingkat Provinsi



KUTOARJO ( Koranpurworejo.com)--- RABU 19 September  2018, Kelurahan Katerban,  Kecamatan Kutoarjo wakili Purworejo  menjadi peserta Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS ) tingkat Provinsi Jawa Tengah 2018.

Rabu (  19/ 9 ) tim Evaluasi tingkat provinsi Jawa tengah,  dinas kesehatan Purworejo datang meninjau dan menilai para peserta PHBS.

Heri Winarno Ss,  lurah Katerban menyambut dengan baik para tamu dengan awal kedatangan penilai disuguhi dengan seni tradisi gojeg lesung. 

Kami masyarakat  katerban tersanjung,  untuk mewakili Purworejo berlomba di tingkat Provinsi, ini tidak lepas dari binaan dari pemerintah daerah dan terlebih keterlibatan masyarakat  sendiri. 

"Kami masih bermimpi, disini masih berbenah pula, bimbingan arahan dan pencerahan.  Nantinya bisa kami wujudkan.  Agar nanti masyarakat  kami bisa benar-benar perilaku hidup sehat dan bersih, "

Ini semua dukungan warga masyarakat dan ketua RT/RW,  Ungkap Heri. 

Laporan PHBS kelurahan Katerban, luas wilayah 141,65 H.  Kelurahan memiliki katertan 8 Rw dengan jumlah KK sebanyak 1633, 4800 Jiwa.  Ekonomi paling banyak petani,  tingkat partisipasi masyarakat  sangat bagus terlihat dari gotong-royong masyarakat  dan berbagai kegiatan. 

Disisi lain S. S. Boedi, S.Km, M.Kes  dari Balai Kesehatan Masyarakat Jawa Tengah,  mengatakan. Kami mengucapkan selamat bagi masyarakat  Katerban menjadi nominasi  terbaik PHBS tingkat provinsi.  

Pembangunan berbasis kesehatan kita harus tingkatkan.  Khusus nya di lingkungan masyarakat. 

"Pergeseran penyakit menular ke tidak menular,  pergeseran penyakit menandakan pola hidup sehat itu bergeser, " kata Boedi, 

Menurut data riset kesehatan dasar 2013, Indonesia paling belakang pengkonsumsi buah dan sayur belakang sendiri. 

Orang Indonesia  saat ini terpengarui juga dengan teknologi. Ada gerakan hidup sehat, oleh sebab itu kita perbanyak makan buah sayur dan olahraga. 

Saya ingin membuktikan pula,  mimpi Kelurahan.  Merubah budaya masyarakat menjadi perilaku  hidup sehat. Lawan nominasi kota Semarang, Surakarta,  ungkap Boedi. (Mas)

Tidak ada komentar