Breaking News

Grebeg Seni Sukses Sajikan Karya-Karya Luar Biasa



PURWOREJO (Koranpurworejo.com)-- Puluhan pertunjukan disajikan oleh ratusan seniman  dalam Grebeg Seni Purworejo (GSP) 2018 di Lentera Art bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo di kawasan Amphi Theater Alun-Alun Purworejo, Sabtu (8/9).

Menyedot antusiasme  masyarakat untuk menyaksikan event  tereebut.
Mengusung tema Kekunoan dan Kekinian, GSP 2018 menjadi ajang ekspresi dan apresiasi lintas disiplin seni. Tidak hanya seniman kawakan atau profesional, pelaku seni cilik dan muda pun banyak bermunculan dengan gaya kreativitasnya.

“Ada sekitar 327 pelaku seni  yang terlibat dengan 30 jenis tampilan. Tidak hanya lokal Purworejo, beberapa penyaji berasal dari luar daerah,” kata Melania Sinaring Putri SSn selaku ketua penyelenggara.

Beberapa penyaji lokal antara lain Dolalak SMKN 7, Performance Tronthong Cussion, Gejog Lesung Mardika Swara, Porjobitbok, Komunitas Teater Purworejo, Lukis Arang Otter, Karawitan Sumunar, Sanggar Mentari Musik, dan Sego Megono Songkestra. Selainnya Teater Surya UMP, Paguyuban Musik Purworejo, Teater Oncor, Dolalak Budi Santoso, Congculy, Sanggar Tari Swastika, SMPN 2, Dhemankustik, Sanggar Tari Prigel, Tari Kontemporer oleh Nungki Nur Cahyani, dan Performance Grebeg Seni Lentera Art.

Kodim 0708 Purworejo tak ketinggalan dengan mendelegasikan para istri TNI menampilkan hadroh. Polres Purworejo menampilkan atraksi Polisi Cilik (Pocil) yang memadukan gerakan pengaturan lalu-lintas dengan kolaborasi seni serta sajian Dolalak Polwan.

Salah satu penyaji dari luar daerah yakni Abakura. Komunitas Lereng Menoreh Magelang itu sekaligus menjadi pemuncak GSP 2018 dengan aksi kolaborasi musik dan seni rupa.

“Hingga larut malam bahkan dini hari, ribuan penonton masih bertahan untuk mengapresiasi. Kami berterima kasih kepada para penyaji, pendukung, serta masyarakat Purworejo,” ujar Melania.
Dalam GSP 2018 juga dilakukan 2 penganugerahan, yakni bagi pemenang lomba mewarnai dan menggambar menyongsong GSP serta seniman Tari Dolalak, R Tjipto Siswojo.
Trofi kejuaraan lomba menggambar dan mewarnai diserahkan oleh Kepala Dinparbud Purworejo, Agung Wibowo AP, bersama panitia dan dewan juri. Adapun penghargaan bagi Seniman Tari Dolalak diserahkan oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian SE MM, kepada perwakilan keluarga R Tjipto Siswojo.

“Saya sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan penuh terhadap acara seni yang semeriah ini. Ini sekaligus menjadi bukti bahwa Purworejo semakin ramai dan mulai meninggalkan predikat kota pensiunan,” kata Bupati Agus Bastian.

Lebih dari itu, Bupati juga berharap agar adanya event-event seni di kabupaten Purworejo dapat turut menyukseskan Tahun Kunjungan Wisata Romansa Purworejo 2020. ( Mas Top)

Tidak ada komentar