Breaking News

Candi Fair, Suguhkan 7 Panggung Rakyat Dalam Semalam



PURWOREJO ( Koranpurworejo.com ) – Pagelaran Seni budaya dengan 7 Panggung pementasan dalam satu malam di  Candi Balidono , Purworejo Sabtu ( 1/9/2018) . 

Dalam Satu Malam Ribuan Pengunjung dari dalam maupun luar daerah Desa Balidono tumbah ruah berbaur masyarakat lokal dan para penyaji seni budaya.

Seperti yang di Jelaskan oleh Drs, Achmad iskak Ma, ketua RW Balidono Candi kegiatan Candi Fair adalah kegiatan Tahunan yang digelar oleh masyarakat dusun Candi Balidono dan ini sudah kali keduanya diadakan.

Tadinya latar belakang hanya ingin ikut serta memeriahkan, mengangkat nilai-nilai luhur kemerdekaan Indonesia.  Terlebih di Rw 10 dan memang di RW disini masyarakatnya kurang lebih 500 Kepala Keluarga sangat rukun dan semangat, oleh sebab itu Candi Fair ada dari masyarakat untuk masyarakat. 

Ada 7 panggung yang di sajikan pada malam candi fair yaitu, Dolalak , Pencat silat pancer setyo, Solawat emprak. Bedanya solawatan emprak dengan yang lain adalah solawatan yang di terjemahkan dengan bahasa Jawa.  Ini peninggalan dari nenek moyang dan slawat didampingi oleh tari tarian . Tari-tari an ini sebagai kreasi sejak dulu juga sudah  ada.  Di ambil dari kitab nenek moyang dan hanya ada di Balidono.  
Selanjutnya ada juga panggung Hadroh, Layar tancep, Solawat arab, Kuda lumping. (Mas)

Tidak ada komentar