Breaking News

BPBD Purworejo Gelar Simulasi Tanggap Bencana Tsunami di Kecamatan Grabag



GRABAG ( Koranpurworejo.com )--- BADAN Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Purworejo gelar simulasi bencana Tsunami di Kecamatan Grabag, Rabu 26/8/18.

BPBD berkerja sama dengan Pemerintah Daerah Kecamatan Grabag beserta Kodim 0708,  Polres Purworejo,  Batalion 412 Purworejo, Polsek Grabag, Instansi Pendidikan setempat, Radio Amatir Antar Penduduk Indonesia, Puskesmas, PMI, PMB Rescu,  Banser,  Orari, FKPPI, PATCO dan berbagai relawan lain. 

Dra Sigit Ahmad Basuki Kasi Kedaruratan menyampaikan di lokasi lapangan depan Polsek Grabag,  dalam penyampaiannya ia memberikan gambaran singkat lokasi berdampak dan membagi beberapa regu untuk lakukan efakuasi atau penyisiran. Ia juga memberikan gambaran dalam penyelamatan posko sementara agar menunjuk komandan-komandan regu untuk melaporkan operasi wilayah masing-masing,  ketika melakukan evakuasi dan penyisiran dilapamgan. 

"Pembagian kerja sesuai keahlian seperti dapur umum dan tim kesehatan melaksanakan penanganan kesehatan korban bencana, merujuk berapa jumlah korban yang dapat di rawat di posko atau luka ringan, data-data hasil oprasi akan disuplai ke Pusat  di TEA (Tempat evakuasi Akhir)," Kata Sigit. 

Edy Purwanto Kabid Pencegahan Kesiap Siagaan, menambahkan ini gladi lapang peringatan dini ke 3, hanya evakuasi. Harus di ketahui evakuasi bukan hanya mencari atau membawa korban.  Dalam evakuasi semua unsur harus berjalan.  Evakuasi perlu komunikasi yang baik,  bidang medis,  pengamanan jalan. 

"Semua nya institusi sudah bisa tau tupoksinya,  memposisikan dibidang masing-masing. Komunikasi penting,  salah satu sistem menghubungkan pos lapangan dengan induk," Kata Edy. 

Disisilain Camat Grabag Ahmad Jainudin Sip, ketika di wawancarai mengatakan,  ini bagian edukasi bagi Kabupaten Purworejo terutama bagi kami Kecamatan Grabag yang menjadi daerah terdekat dari laut, namun kita tetap berdoa tidak ada apa-apa. 

Adapun lokasi Simulasi kejadian berada di Desa Kertojayan,  Nambangan,  PASAR anom  Munggang sari, Ketawangrejo, Patutrejo, Harjobinangun,  Jelas Jainudin.  (Mas)

2 komentar:

  1. Simulasi emang bagus untuk ilmu carA cara apa saja yg harus dilakukan...tapi alangkah bagusnya setiap pasar dibangun tingkat..disisilain tempat perputaran uang jg bisa untuk berlindung dr stunami

    BalasHapus
  2. Simulasi emang bagus untuk ilmu carA cara apa saja yg harus dilakukan...tapi alangkah bagusnya setiap pasar dibangun tingkat..disisilain tempat perputaran uang jg bisa untuk berlindung dr stunami

    BalasHapus