Breaking News

325 Pelaku seni dan 30 Kelompok Seni Bakal Pentas Di Grebeg Seni Purworejo



Purworejo ( Koranpurworejo.com )-- Grebeg Seni Purworejo (GSP) yang akan digelar pertama kali di Kabupaten Purworejo menjadi harapan besar bagi para pelaku seni. Pada hari Sabtu tanggal 8  September 2018, mulai pukul 09.00 - 23.57 WIB bertempat di panggung  terbuka (Amphitheatre)  Alun-alun Purworejo.

GSP Adalah sajian seni budaya yang diikuti  325 pelaku seni dari 30 kelompok kesenian , baik dalam maupun luar kota.

 Adapun sajian yang dapat dinikmati masyarakat dalam GSP sangat beragam, antara lain: Pameran fotografi, permainan tradisional, jajanan pasar, lapak buku,  dan juga souvenir etnik yang terbuat dari bathok karya pemuda Desa Semawung. Selain berbagai macam hal  menarik tersebut, pengunjung juga dapat menikmati sajian dari berbagai elemen lintas seni, seperti tari, musik, teater, karawitan dan pedalangan, seni media rekam, dan juga seni  instalasi. Dalam gelaran GSP  yang bertema "Kekunoan dan Kekinian" ini, pengunjung akan dimanjakan oleh sajian pertunjukan kolaborasi  lintas seni yang pasti sangat menarik untuk di tonton. Pada malam hari, pengunjung juga dapat menjadi saksi penganugerahan Lifetime Achievement kepada R. Tjipto Siswojo, salah satu tokoh seni tari dolalak yang menghabiskan hampir seluruh hidupnya untuk pengembangan dan kelestarian tari dolalak. 

Disampaikan  Melania Sinaring Putri selaku ketua panitia, pagelaran GSP ini diadakan untuk memunculkan atau memberikan ruang bersama antar pelaku seni dan juga sebagai media silaturahmi antar pegiat seni budaya di Kab. purworejo.
 " Saya  berharap Event ini bakal menjadi agenda Tahunan bagi para pelaku seni dari berbagai lintas disiplin seni di Purworejo.

Melania mengatakan, gelaran GSP ini merupakan kerja sama antara Lentera Art dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Purworejo, yang didukung penuh oleh ratusan seniman lintas generasi dan juga Polres Purworejo serta Kodim. 

“ Untuk pembagian hadiah lomba mewarnai dan menggambar "Menyongsong Grebeg Seni Purworejo" yang sudah didapatkan juaranya, pembagian piala kejuaraannya pada pukul 16.00 WIB,” kata Melania. (Mas)

Tidak ada komentar