Breaking News

Libatkan Ribuan Peserta, Karnaval Umum dan Instansi Berjalan Meriah.



PURWOREJO ( Koranpurworejo.com )-- RIBUAN warga memadati kawasan Alun-alun dan di sepanjang jalan-jalan kota Purworejo, Jum'at (24/8/2018) siang.

Warga memadati jalan kota guna menyaksikan jalanya pawai karnaval dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 73, yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo. Sekitar 50 peserta dari berbagai instansi dan dinas serta masyarakat umum dan perguruan tinggi yang ada di Purworejo ikut dalam pawai karnaval ketiga itu.

Hampir seluruh Perguruan Tinggi yang ada di Purworejo turut serta ambil bagian. Seperti Universitas Muhamadiyah Purworejo, STIE Rajawali. Politeknik Sawunggalih Aji, serta Akademi Kebinanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo.

Akbid Bhakti Putra Bangsa Purworejo, bahkan menurunkan civika akademiknya, dosen bahkan karyawannya,  serta melibatkan ratusan mahasiswanya. Dengan berbagai hiasan menarik. Mereka ambil bagian dalam jumlah peserta paling banyak. Dengan Sepeda motor hias, juga kostum karnaval, serta menggunakan kendaraan besar. Yang hampir keseluruhannya dihiasi dengan ornamen seni yang serba menarik.

Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo mengatakan, seperti dalam pawai karnaval pada hari sebelumnya, yaitu karnaval paud, TK, SD dan SMP, pawai karnaval itu mengambil tema energi dan kerja, dimana peserta menampilkan berbagai kreasi dari bahan daur ulang serta berbagai potensi yang ada di Purworejo, serta program kerja yang dilaksanakan oleh masing masing dinas atau instansi.

Dalam karnaval itu, peserta menampilkan berbagai ragam potensi yang dimiliki, baik dengan menghias sepeda, hingga rupa rupa pakaian yang dikenakan, sehingga menjadi perhatian warga masyarakat yang menonton. Tak hanya itu, sejumlah intansi juga menggelar simulasi, seperti simulasi kebakaran, simulasi penanganan gempa dan simulasi lain yang diatraksikan didepan panggung kehormatan yang berada didepan kantor Bupati Purworejo. 

Sementara itu, Bupati Purworejo, Agus Bastian saat ditemui mengapresiasi para peserta yang ikut dalam pawai karnaval itu. Pihaknya berharap, karnaval itu bisa menjadi ajang kreativitas bagi setiap peserta. Antusiasme masyarakat untuk menyaksikan sangat tinggi dimana jalan-jalan umum telah dipenuhi warga yang menonton. diharapkan pula, pawai karnaval yang digelar oleh Pemkab akan lebih baik lagi dalam tahun tahun mendatang.

Adapun rute karnaval yang digelar tahun ini berbeda dengan karnaval tahun lalu, yaitu dimulai dari depan SMAN 7 Purworejo kemudian menuju Jalan Mayjend Sutoyo, Jalan Proklamasi (panggung kehormatan) kemudian berbelok ke kiri melalui Jalan Urip Somoharjo, Bunderan BRI, jalan Setya Budi, Jalan Mayjend Sutoyo (Alun-alun), Jalan Kolonel Sugiyono, kemudian ke kanan dan finish di depan Gedung Kesenian Sarwo Edhi Wibowo. ( Mas)

Tidak ada komentar