Breaking News

Embung Desa Semawung Bakal Jadi Ujung Tombak Potensi Desa.



PURWOREJO ( Koranpurworejo.com )-- DALAM kegiatan Sarasehan bersama Bupati Purworejo dengan tema Strategi Pengembang Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), masyarakat desa Semawung siap munculkan dan ciptakan potensi yang ada secara maksimal Senin ( 7/ 8 ).

Dijelaskan Kepala Desa Semawung, Samud Purnomo,  desa Semawung, dengan luas wilayah keseluruhan 266,9 Ha. Terbagi dalam 8 dusun, masing masing,  Dusun Krajan, Dusun Kembaran, Dusun Sucen, Dusun Kemantren I, Dusun Kemantren II, Dusun Kenyaen I, Dusun Kenyaen II, dan Dusun Jatisalam. Adapun Desa Semawung memiliki sebanyak 7 RW dan 19 RT, dengan seluruh jumlah penduduk ± 2194 jiwa.

Desa Semawung memiliki lahan pertanian seluas 166 Ha. Sebagian besar lahan pertanian berada di wilayah timur Desa Semawung yang berbatasan langsung dengan Sungai Kaligesing atau lebih dikenal masyarakat sebagai Sungai Mbabrik. Posisi sungai yang tepat berada ditengah membuat Desa Semawung menarik untuk dijelajahi lebih lanjut. 

Desa semawung waktu dekat ini akan memiliki embung penampungan air baru, letaknya di tengah lahan bengkok yang berdekatan dengan sawah dan lahan warga. 

" Embung sedang dalam proses pembangunan ini berlokasi di Dusun Krajan dan memiliki panjang 60m, lebarnya 30 m serta dengan kedalaman 1,5 hingga 2,5 meter " ungkap Kades Samud.

Diharapkan nantinya embung ini dapat memeprmudah masyarakat untuk mendapatkan air ketika musim kemarau. Juga jadi salah satu objek wisata Desa Semawung baik sebagai tempat pemancingan maupun tempat foto.

 Selanjutnya, wilayah di sekitar embung akan dibuat camping ground, sarana wisata kuliner, wisata seni bambu dan tour sawah. 

Hal itu disampaikan rekan-rekan KKN UGM 2018 Yang berada di Desa Semawung Purworejo. 

“Pemetaan potensi wisata desa ini seperti keinginan Kepala Desa, dan kami membantu untuk pembuatan masterplan dan pengumpulan data melalui kemampuan yang bisa abdikan abdikan, Bisa juga di lihhat di  web yang kami buat www.semawung.id” Ungkap, Abdulah Gozi ( 22 ),  Departement Arsitektur UGM.  (Mas -Tirta)

Tidak ada komentar