Breaking News

Karnaval 17 -an di Pituruh Sedot Ribuan Pengunjung.



PITURUH ( KORANPURWOREJO.COM )-- MOMENTUM karnaval  Hari Ulang Tahun ( HUT ) kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, suatu hal yang dinanti bagi seluruh warga Pituruh. Sabtu (18/8) siang telah digelar dari pukul 13.00 WIB hingga sore. Jalanan kota Pituruh dipenuhi warga dari berbagai penjuru tumpah di berbagai jalur jalan dan alun alun besar  Pituruh.

Purnomo,Spd selaku panitia menjelaskan, Acara karnaval  diikuti 19 peserta,  antara lain  11 kelompok SD , 4 SMP dan 4 kelompok SLTA, dengan berbagai ragam kostum, sebagaimana halnya menjadi ajang lomba kreatifitas.

Adapun tema yang diangkat adalah  semangat persatuan.
Dari pantauan Wartawan KoranPurworejo. Com, karnaval di Pituruh sudah mirip seni Karnival. Yang desain  ornamen kostumnya sudah mengarah ke visual seni karnival.

Selebihnya banyak yang menggunakan bahan bekas didesain menjadi pakaian artistik.
Sebagaimana halnya SMP Negeri 20, tampil dengan kostum pakaian dari bekas batang padi kering.

SD Negeri Blekatuk menggunakan Bèsèk bambu yang dirangkai / disulap jadi kostum yang unik.
Sedang SD Negeri Sutogaten, yang melibatkan sekitar 80 peserta, membawa slogan ,  ornamen bertuliskan "BAGIMU NEGRI JIWA RAGA KAMI " seperti mengajak publik untuk  berdarma bhakti bagi negeri Indonesia tercinta.

Karnaval juga diikuti Camat Pituruh Siti Choiriyah,S, STP, Kapolsek Pituruh Akp Junani Jumantoro, dan Kapt Infantri Ariyadi Danramil Pituruh.

Rute yang ditempuh dari alun alun Widoro Pituruh, peserta karnaval menyusur Jalan  Pituruh bagian timur. Keutara sampai pertigaan Gereja keutara menuju Jln Karanganyar, kemudian kebarat. Lalu belok kiri menuju jalan Srudutan, terus ke barat hingga Dukuh kulon.

Setelah sampai Kantor Pos belok ke timur menuju pusat kota depan Kecamatan , lalu keselatan menuju alun alun besar. Rute yang ditempuh kurang lebih 4 KM.

Dari 19 kelompok peserta karnaval , setidaknya ada sekitar 1400 peserta yang terlibat. Karena setiap kelompok peserta diikuti 70 anak didik.
Diperoleh keterangan untuk Kelompok Sekolah Dasar, SDN Blekatuk meraih Juara I. Juara II diraih SDN Megulung Kidul, sedangkan SDN Sutogaten menempati Juara III.

Dari pantauan Wartawan Koran Purworejo.Com, momentum tahunan yang begitu  indah dan penuh spirit itu, selalu saja karnaval sering terganggu  oleh pengguna jalan yang semrawut.
Ada kesan karnaval yang mestinya sebagai sajian indah, jadi ternodai oleh motor , para pengguna jalan yang membaur dengan jalannya prosesi karnaval. Seolah menyimpulkan, kesadaran Empaty berlalu lintas di Pituruh masih rendah. (Barep-S.tirta).

Tidak ada komentar