Breaking News

Grebegan Joyo Mulyo 4 Gunungan UMKM Ludes Diperebutkan


PURWOREJO ( Koranpurworejo.com )--- EMPAT gunungan produksi usaha mikro kecil menengah (UMKM) langsung diserbu masa dari atas panggung utama, kemarin Minggu (12/8). 

Antusiasme warga yang memadati area car free day sangat besar, bahkan satu gunungan sudah habis diperebutkan sebelum acara formal digelar.

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti yang membuka jalanya kegiatan sangat dengan kegiatan yang sangat menunjang ekonomi rakyat ini, semakin dikenal dan di dukung oleh rakyat juga.

Lima gunungan dalam Grebg Joyo Mulyo sebagai bentuk peringatan Hari UMKM II tingkat Kabupaten Purworejo 2018 memang memancing warga untuk mendekat. Kompleks Alun-alun yang dipenuhi warga langsung merangsek ketitik kegiatan yang digelar di depan Pendopo Rumah Dinas Bupati.


Produk UMKM dari sekitar 3.000 pengusaha kecil ditempatkan diatas 5 gunungan yang disediakan. Sebelumnya, gunungan ini diarak mengelilingi
Alun-alun dan di dukung oleh kesenian tradisional kuda kepang.

Wakil Bupati Yuli Hastuti mengungkapkan jika gunungan merupakan sebuah nilai tradisional sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta.

"Hari UMKM bertepatan dengan kelahiran tokoh bangsa kita yakni Mohammad Hatta. Dan Grebeg Joyo Mulyo saya nilai menarik karena menjadi bentuk perhatian dari Pemkab untuk tumbuh kembang UMKM di Kabupaten Purworejo," ujar Yuli.

Dikatakannya, keberadaan UMKM memiliki peran strategis untuk pertumbuhan ekonomi dari tingkat lokal hingga nasional. Pihaknya juga terus memberikan perhatian dan dukungan untuk menumbuh kembangkan UMKM di Purworejo.

"Saya melihat kalau produk-produk UMKM Purworejo tidak kalah menarik dari produk luar daerah, punya daya saing dan bisa mendukung
dinamisasi kesejahteraan masyarakat," tegas Yuli.

Yuli berharap dengan semakin bervariasinya produk hasil UMKM Purworejo akan bisa merangsang masyarakat lain untuk turut terlibat dan terjun dalam wirausaha. Pihaknya tidak akan tinggal diam dan melakukan berbagai langkah dukungan melalui OPD terkait.

"Kepedulian kita sendiri sebagai warga Purworejo juga perlu diangkat. Marilah kita beli produk UMKM Purworejo, dan pelaku UMKM juga perlu
mengeksplorasi potensi yang ada di Purworejo. Dengan keyakinan dan kepercayaan diri dan peluang pasar, UMKM Purworejo akan terus meningkat," tambah Yuli Hastuti.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Din KUKMP) Purworejo Gandi Budi Supriyanto mengatakan jika Grebeg Joyo Mulyo sebagai bentuk peringatan Hari UMKM tingkat Kabupaten Purworejo menjadi ajang untuk menunjukkan kepada publik bahwa UMKM Purworejo juga bisa.

"Yang ada dalam gunungan adalah penggambaran produk-produk dari UMKM untuk UMKM dan untuk masyarakat semua," kata Gandi.

Ditambahkan, selain acara tersebut, juga digelar sarasehan pengembangan ekonomi kreatif, seminar kreatif dan workshop UMKM. 

Dari rangkaian kegiatan itu diharapkan bisa memperkuat silaturahmi para pelaku UMKM, memberikan rasa percaya diri dan mendorong produktifitas serta daya beli produk UMKM. (Mas /tirta/Udi )

Tidak ada komentar