Breaking News

Harumkan Nama Purworejo, Siswa SMAN 1 Torehkan Prestasi di Ajang Olimpiade Sains Nasional 2018



PURWOREJO ( Koranpurworejo.com )-- HARUMKAN nama Purworejo di kancah Nasional, Siswa SMAN 1 Purworejo peroleh prestasi apik di kancah nasional. Betapa tidak, tiga dari enam siswa SMAN 1 Purworejo yang maju sebagai wakil Jawa Tengah dalam ajang Olimpiade Sains Nasional 2018 berhasil meyabet medali kejuaraan.

Tiga medali yang berhasil direbut masing-masing oleh Arief Romadhon (medali perak bidang Fisika), Sokhibul Wajhil Munir (medali perak bidang Kebumian) dan Augusto Prastyo Yushuhiro Prakoso (medali perunggu Bidang Kimia).

Sementara 3 duta lain yang menjadi finalis nasional adalah Ria Nurlita Rahmawati (bidang astronomi), Vinka Amalia Hasta Barata (bidang ekonomi) serta Widya Anugrah Kinasih (bidang Biologi).

Perlakukan khusus pun diberikan oleh sekolah kepada enam siswa tersebut. Disaat upacara bendera, Senin (16/7/2018), keenamnya mendapatkan pengalungan melati dari Kepala Sekolah Padmo Sukoco disaksikan Ketua Komite Sekolah Pram Prasetya Ahmad serta orang tua masing-masing siswa.

"Prestasi yang berhasil ditorehkan anak-anak ini adalah kebanggan buat kami semua," ujar Kepala SMAN 1 Padmo Sukoco.

Padmo menjelaskan, proses panjang harus mereka tempuh untuk mendapatkan prestasi di tingkat nasional. Mereka mulai mengikuti seleksi di tingkat Kabupaten pada bulan Februari 2018 dilanjutkan seleksi tingkat Jawa Tengah di bulan April dan harus berlaga di tingkat nasional Juli kemarin. 

Disampaikan, jika sekolah akan memberikan apresiasi bagi siswa yang berprestasi. Keberhasilan mereka menambah daftar panjang raihan prestasi sekolahnya.

Sementara itu, Komite SMAN 1 Purworejo Pram Prasetya Ahmad mengungkapkan apresiasinya atas keberhasilan mengharumkan nama Purworejo di pentas nasional. Hal itu menunjukkan jika SMAN 1 Purworejo tetap menjadikan prestasi sebagai salah satu nilai utamanya.

"Sekolah yang hebat tidak muncul begitu saja, namun ada peran orang tua, guru, alumni dan peserta didik itu sendiri," kata Pram.

Diungkapkan jika prestasi menjadi hal yang efektif untuk membuat seseorang memiliki kepercayaan diri. Dengan kepercayaan diri yang tinggi akan menjadikan semuanya siap dalam kompetisi apapun.

"Mereka yang tidak memiliki kesungguhan dan kepercayaan diri akan kesulitan dalam berkompetisi, khususnya di era global ini," tambah Pram Prasetya. (Mas)

1 komentar: