Breaking News

Bukit Simundhu Desa Kemanukan, Jadi Harapan Wisata Alam Masa Depan Purworejo


PURWOREJO ( KoranPurworejo.com )-- KOTA Purworejo terlihat jelas dari Desa Kemanukan Kecamatan Bagelen, tepatnya di Gardu Pandang Arga Pandu. bukit Simundhu.

Tidak hanya suguhkan keindahan kota Purworejo dari atas bukit. Namun juga sajikan keindahan alam nan asri, disana menjadi nilai lebih bagi Desa Kemanukan.

Pengunjung juga bisa menikmati sunset sore hari yang tak kalah indah dengan wisata perbukitan lainya, serta bisa menikmati gemerlapnya lampu dimalam hari kota Purworejo.

Bukit Simundu terletak di padukuhan Karangrejo, hanya berjarak sekitar dua kilo meter dari jalan raya Kemanukan-Bagelen dengan ditempuh kendaraan baik roda empat maupun roda dua, dan menempuh jalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter dari lokasi parkir. 

Disepanjang jalan itu pula pengunjung dapat menikmati hijaunya alam perbukitan Simundu.

"Pas banget atau cocok banget bagi warga yang punya hoby hiking, selain bisa menikmati udara segara juga bisa menikmati indahnya alam," tutur ketua Pokdarwis desa Kemanukan, Mutadi dyarmo Wiyoto.

Diungkapkan, alam bukit Simundu mulai dirintis sebagai salah satu obyek wisata alam sejak sebulan terakhir ini, dengan diawali kerjabakti bersama warga masyarakat dusun Karangrejo.

 "Sekitar 3 bulan dibuka dengan kerja bakti perwakilan warga masyarakat. Dan lokasi itu menjadi ramai banyak dikunjungi masyarakat setelah ada warga yang mengunggah di media sosial," ungkapnya. Sabtu ( 8/7/18 ).


Dikatakan, warga dusun Karangrejo, tidak ingin menjadi penonton, terlebih setelah dibangunnnya bandara internasional di Kulonprogo, dan jalur Kemanukan-Bagelen menjadi jalur alternatif Bandara-Magelang. Maka warga berkeinginan ikut bersaing membangun wisata baru bukit Simundu di dusun itu.

 "Dengan membuka wisata ini, selain dekat bandara, selanjutnya untuk menciptakan lapangan kerja untuk warga daripada merantau dan menambah penghasilan di lingkungan masyarakat sekitar sini," harapnya. 

Disampaikan, wisata alam bukit Simundu itu secara resmi akan dibuka sebagai lokasi wisata alam dalam waktu dekat ini. Dengan menggelar sejumlah event wisata dilokasi itu.

 "Dilokasi itu juga akan dibangun track untuk traill seluas 1 hektar dan saat ini masih dalam penggarapan warga. Diharapkan wahana track itu akan menambah pesona di bukit Simundu ini, dan mampu menyedot perhatian masyarakat untuk datang di bukit Simundu," katanya.

Salah satu pengunjung bukit Simundu, suci arifin, mengaku senang dengan keberadaan wisata alam itu. "Karena selain banyak spot untuk selfi juga bisa menikmati pemadangan alam seperti sawah dan lainnya. (Mas)

1 komentar:

  1. Mudah-mudahan objek ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata alam asri kab Purworejo.

    BalasHapus