Breaking News

Bakal Toreh Sejarah Baru Kemah Budaya dan Reresik Sumur Pitu, Cangkrep Kidul



PURWOREJO ( Koranpurworejo.com )—PERISTIWA  budaya ini tidak berangkat dari sebuah legenda atau cerita tentang terjadi nya sesuatu, namun tercipta karna keprihatinan melihat keberadaan sumur yang sesungguhnya mempunyai keunikan namun kurang diperhatikan kelestariannya.

Maka Reresik atau bebersih bermakna mengajak segenap warga untuk bersama menjaga kelestarian sumur ciptaan Tuhan Yang Maha Esa ini. Dengan bersatunya ketujuh air semoga bersatu pula 7 padukuhan Cangkrep Kidul, sehingga aman, damai dan sentosa. 

Hal itu disampaikan oleh Teguh Suyono, Pimpinan produksi Kirab Budaya yang akan di gelar di Kelurahan Cangkrep kidul, Purworejo, pada tanggal 4 Agustus 2018.

Dijelaskan, sumur-sumur yang ada di Desa Cangkrep kidul ini sangatlah unik dan mistik ada 7 sumur diantaranya, Sumur Kemloko, Sumur Pancur, Sumur Buthek, Sumur Planangan, Sumur Tengah, Sumur Pandan sari, Sumur Lanang dan Sumur Wedok. 

“ Air dari Sumur Kemloko konon di percaya untuk obat dan di Sumur Pandan Sebagai sarana awet muda, banyak wisata luar daerah yang datang di area sumur itu, seperti Jogja, jakarta dll, datang untuk mengambil manfaat sumur itu,” Jelas Teguh. Kamis 20/7/18

Bersamaan dengan kirab budaya reresik sumur pitu ialah kemah budaya yang juga di gelar oleh Komunitas Teater Purworejo, Karang taruna Patria Gama Cangkrep Kidul yang bersinergi bersama dengan masyarakat lokal. 

Di ungkapkan, semua pelaku kirab budaya nantinya ialah, Karang taruna “Patria Gama Cangkrep Kidul, Komunitas Teater Purworejo,  Sanggar Tari Prigel, Siswa MTs Ma'arif Purworejo, SD Negeri Cangkrep Kidul, MI Imam Puro dan PS. Tri Susila Cangkrep Kidul.

Penulis naskah Harjito, Sutradara Agus Pramono, Penata Gerak Melania, Pimpro Teguh Suyono (Mas)

Tidak ada komentar