Breaking News

45 CALEG PDIP DAFTARKAN BERKAS KE KPUD PURWOREJO DENGAN LONG MARS.


PURWOREJO ( KORANPURWOREJO.COM) -- CARA UNIK  dilakukan oleh DPC PDIP saat mendaftarkan bacalegnya ke KPUD Purworejo.  Selasa (17/07/2018) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), mendaftar ke KPU
 Selain para Pengurus Harian DPC, 45 orang Bakal Calon Legeslatif (Balon Caleg) PDI Perjuangan Purworejo juga ikut mengunjungi Kantor KPU setempat.

Rombongan DPC PDI Perjuangan langsung dipimpin ketuanya, Ir Luhur Pambudi MM, tampak hadir Sekretaris serta Bendahara  PDI Perjuangan, Hendricus Carel dan Prabowo.

Yang menarik, kedatangan ratusan kader PDI Perjuangan ini tidak mengendarai mobil seperti yang lainya saat mendaftarkan berkas ke KPUD. Ratusan Kader PDI Perjuangan memilih melakukan Long March atau jalan kaki dari Gedung DPC Sementara menju ke Kantor KPUD setempat. Perjalanan long march menempuh jarak sekitar satu kilo meter tersebut, juga melibatkan teatrikal Lakon Punakawan; Semar, Gareng Petruk dan Bagong. Rombongan tersebut dalam perjalanannya juga diiiringi Pasukan Pengamen Angklung, Baledono yang biasa beroperasi di Lampu Bangjo Kantor Pos Purworejo.

Salah satu Bacaleg PDI Perjuangan Daerah Pemilihan 1 (Purworejo – Kaligesing), R Hery Priyantono SH, mengungkapkan bahwa long march pendaftaran berkas bacaleg PDI Perjuangan menjadi simbol bahwa partai Kepala Banteng dalam Lingkaran ini adalah partainya wong cilik atau rakyat jelata.

“Dengan long march atau berjalan kaki pada siang yang panas seperti ini dan dikawal Punakawan serta Pengamen Angklung menggambarkan bahwa kami selalu ada di tengah-tengah masyarakat Purworejo. Tak hanya sekedar mendaftarkan diri, masyarakat bisa terhibur menyaksikan perjalanan long march kami ini,” ucap Hery.

Sementara itu, dari 45 berkas yang didaftarkan seluruh jumlah caleg di enam dapil PDI Perjuangan berhasil memenuhi kuota jumlah calegnya. Untuk kuota perempuan, secara total PDI Perjuangan mampu memenuhinya dengan jumlah 35, 556% kuota perempuan. Dengan perhitungan jumlah caleg laki-laki sebanyak 29 orang dan caleg perempuan sejumlah 16 orang.

Kuota perempuan terbanyak diduduki Dapil 1, PDI Perjuangan menempatkan 3 orang caeg perempuan dan 4 orang caleg laki-lakinya. Sehingga kuota perempuan PDI Perjuangan untuk dapil kota sebesar 42, 86%.

“Kami menghadirkan caleg-caleg yang tidak asing bagi warga Purworejo. Tentu saja caleg yang kami daftarkan sudah lolos dan memenuhi kriteria dari PDI Perjuangan. Karena seleksi internal, caleg harus mengikuti serangkaian tes online yang dilakukan oleh Dewan Pmpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan,” terang Luhur kepada wartawan

Sayangnya, ditengah keunikan pendaftaran Bacaleg tersebut, ada insiden ketegangan internal. Pangat ( 45)  dari Dapil Pituruh, Kemiri , Bruno, megatakan terdholimi. Pasalnya, Pangat ditempatkan pada nomor urut 4. Padahal dirinya seorang Ketua PAC, 2X duduk di kursi Dewan, dan selalu menang untuk setiap pemilu.
Sementara nomor urut 1 diberikan untuk adik kandung Ketua DPC. Pangat mengaku terdholimi. ( Her-Tirta).

Tidak ada komentar