Breaking News

Krumuni Sungai Kedung Putri, Warga berlomba-lomba menjaring Ikan


PURWOREJO ( KoranPurworejo.com ) --  SUNGAI Kedung Putri yang terbentang disepanjang kota Purworejo, mulai tadi pagi surut atau sering disebut asat. Kejadian ini sering terjadi ketika musim kemarau, Sabtu 30 Juni 2018.

Kesempatan ini di manfaatkan oleh masyarakat, khususnya warga yang tinggal di disekitar aliran sungai. Seperti pantauan wartawan koranpurworejo.com, sepanjang aliran sungai kedung Putri yang terletak dari Kampung Baledono hingga Pandekluwih, banyak masyarakat berduyun-duyun memanfaatkan kali asat dengan menjaring ikan.

Terlihat sejak tadi pagi pukul 6, tepat di Grujukan Pabrik Es Kampung Pandekluwih, Puluhan masyarakat membawa seser dan jaring untuk menangkap ikan, “kegiatan ini seperti sudah tradisi bagi masyarakat sekitar dimana kali asat disitu kita bertindak untuk menjaring, ” kata Idut warga Pandekluwih. 

Idut menjelaskan, kegiatan nyeser itu sudah ada sejak dulu juga sudah ada. Masyarakat sangat antusias dengan kegiatan semacam ini. dari yang anak-anak hingga dewasa dan orang tua, laki-laki perempuan bersama-sama untuk nyeser.

Ikan yang didapat sangatlah beragam, seperti ikan putihan, kutuk, lele, sidat, ikan mas dan masih banyak lagi. 

“Tidak ada masyarakat yang menggunakan obat-obatan seperti potas untuk menangkap ikan, semua dilakukan dengan manual, kita semua juga ingin menjaga ekosistem sungai dengan baik. Ini biasanya juga dilanjut kalau sungai masih asat sampai malam, banyak pemancing berderet-deret sekitar sini,” Ungkap Idut. (Mas)

Tidak ada komentar