Breaking News

Daftar Haji Sekarang, Nunggu Antri 21 Tahun



PURWOREJO ( KoranPurworejo.com ) – TERDAPAT 629.612 orang yang mendaftar haji di Jateng. Hal ini,  diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Tengah Farhani, saat mengisi bimbingan manasik haji massal pertemuan ke-1 di pendapa rumah dinas bupati Purworejo, Kamis (28/6).

“Masyarakat agar jangan tertipu pihak-pihak yang mengaku bisa memajukan antrean untuk melaksakan ibadah haji ke Tanah Suci. Termasuk bagi jamaah lanjut usia,” kata Farhani saat mengisi bimbingan manasik haji massal pertemuan ke-1 di pendapa rumah dinas bupati Purworejo, Kamis (28/6).

Kegiatan tersebut dibuka Bupati Agus Bastian dan dihadiri perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Hadir pula Kepala Kantor Kemenag Purworejo Bambang Sucipto serta perwakilan organisasi agama dan jamaah haji tahun 2018 asal Purworejo sebanyak 729 orang.

Dijelaskan Farhani, musim haji tahun ini terdapat 33.892 jamaah yang masuk embarkasi dan debarkasi Adi Sucipto Solo. Sebanyak 33.000 di antaranya dari  Jateng dan sisanya DIY. "Jumlah tersebut, 73 persen memang risiko tinggi karena berusia lanjut," ungkapnya.
Untuk itu, jamaah haji yang berusia lanjut akan dibagi dalam regu yang diisi berbagai usia. Hal itu dilakukan agar bisa dibantu sesama anggota regu. Untuk yang suami istri pun dijadikan satu regu. Mengenai antrean untuk pemberangkatan haji bagi usia lanjut, kata Farhani, kendati ada kebijakan khusus dalam pengisian kekosongan, semisal ada calon haji yang belum diberangkatkan sudah meninggal dunia, namun tetap sesuai antrean dan porsi yang ditentukan. 

Bahkan adanya tambahan kuota sebanyak 10.000 dari pemerintah Arab Saudi, telah dibagi secara proporsional untuk seluruh provinsi di Indonesia. (Mas)

Tidak ada komentar