Breaking News

KIRAB AGUNG KELURAHAN PURWOREJO, PENUH MAKNA RELIGIUS


PURWOREJO (Koranpurworejo.com)— Didasari oleh rasa syukur masyarakat atas hasil bumi dan segala berkah yang telah diterima selama ini, Kelurahan Purworejo Gelar Kirab Agung, Sabtu 21/4/18. 

Kirab yang berarti berjalan bersama-sama atau beriring-iringan secara teratur dan berurut-urutan dari satu tempat ke tempat lain dalam satu rangkaian acara adat ataupun keagamaan yang sangat dimaknai sakral oleh setiap penyelenggaranya.

Salah satu tokoh masyarakat dari Kampung Brengkelan Rt01/04  Gus Mustakim yang juga masih cucu dari Kyai brengkel menceritakan bahwa, makna kirab secara religius adalah kegotong royong atau keguyuban yang dari dulu sudah terbangun oleh masyarakat. 
Masyarakat Purworejo  antusias mengikuti ritual kirab ( foto mas).

“ Kirab juga penuh dengan  makna kehidupan masyarakat religius, disini religius bukan berarti hanya keagama namun segala sesuatu hal dari yang paling kecil didiri kita masing masing, semua akan menjadi religius ketika kita memaknai dengan sungguh sunguh, “ Kata Gus Mustakim.

 Lurah Purworejo Drs Hartono , MM ketika memberikan sambutan mengatakan, kirab yang digelar pada saat ini adalah puncak dari rangkaian acara Merti Desa warga Kelurahan Purworejo, saya harap ini juga sebagai bentuk membangun rasa nasionalis kita.

“ Bahwa dari Desa kita ikut ambil bagian untuk menjaga keutuhan NKRI dengan cara nguri-nguri  kabudayaan, menyatukan rasa antar warga, “ Kata Hartono.

Rasa nasionalis juga masuk dalam sesuatu yang religius dimana kita juga menanamkan makna dan rasa yang dalam untuk  mencintai dan menjaga keutuhan NKRI, ungkap Gus Mustakim disela-sela berjalannya Kirab Agung.

“ Meski diwarnai hujan rintik-rintik kirab tetap berjalan meriah, hujan yang turun ini adalah tanda berkah daripada Tuhan untuk masyarakat kelurahan Purworejo,” Imbuh Gus Mustakim. (MAS)

Tidak ada komentar