Breaking News

600 LANSIA WONOSOBO DATANGI PURWOREJO.



PURWOREJO ( KoranPurworejo.Com ) - SEBANYAK  600 orang Lanjut Usia dari Kabupaten Wonosobo melakukan kunjungan di kabupaten Purworejo., Minggu ( 7/4).  Kunjungan  dipimpin Wakil Bupati Wonosobo Ir Agus Subagiyo MSi itu, diterima Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH yang juga sebagai Ketua Komda Lansia Kabupaten Purworejo.

Penerimaan berlangsung di Pendopo Kabupaten Purworejo ,  disambut dengan senam bersama dihalaman Pendopo
Kabupaten.  Wabup Wonosobo larut dalam senam Lansia tersebut. Hadir pula Asisten Administrasi dan Kesra Setda Drs Muh Wuryanto MM dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agung Wibowo AP, Wakil Ketua Komda Lansia Drs Istiarto, serta dinas instnasi terkait.

Yuli Hastuti dalam sambutannya mengatakan, dari tahun ke tahun jumlah kaum lanjut usia mengalami peningkatan, baik secara nominal maupun persentase terhadap jumlah penduduk. Ini berarti bahwa pembangunan yang kita laksanakan, telah menghasilkan capaian-capaian yang nyata. Meningkatnya jumlah kaum lanjut usia merupakan salah satu indikator usia harapan hidup secara nasional itu juga makin tinggi.

Relevan dengan hal itu lanjut yuli Hastuti, pemerintah wajib memikirkan aspek sosial dan aspek ekonomi dari penduduk berusia lanjut ini. Pemerintah harus memberikan dukungan dan perlindungan, agar kaum lanjut usia ini juga bisa menjalani kehidupannya dengan baik. 
Oleh karenanya Komda Lansia Kabupaten Purworejo terus berupaya melakukan berbagai langkah, antara lain membentuk komisi lansia di 494 desa/kelurahan, yang sudah terwujud di akhir 2017.

“Saya yang dituakan di Komda Lansia, juga sedang berupaya mendorong agar pihak-pihak terkait untuk membuat Peraturan Daerah tentang Lansia, yang alkhamdulillah mendapat dukungan positif dari Legislatif. Mudah-mudahan pada tahun 2018 ini, Perda Lansia sudah mulai dibahas di DPRD Kabupaten Purworejo,” harap Yuli Hastuti.

Sementara itu Wabup Wonosobo Agus Subagiyo yang juga Ketua Komda Lansia mengatakan, kegiatan kunker ini dalam rangka peringatan HUT Lansia Kabupaten Wonosobo sebagai upaya untuk mempererat persatuan dan kesatuan Lansia dengan Purworejo.

Menurutnya, selain kunker HUT Lansia juga diperingati dengan beragai kegiatan seperti senam lansia, berbagai lomba, penyuluhan kesehatan, juga jalan sehat, dll. Sedangkan kunker ini sebagai salah satu kegiatan yang tujuannya selain mengenal Lansia Purworejo juga untuk menyambung keakraban antara Lansia Wonsosobo dan Purworej. “Sekaligus untuk mengenal Purworejo lebih dekat terutama potensi-potensi yang dimiliki Purworejo. Seperti wisata, kuliner, budaya, dan kearifan lokal. Sehingga untuk berwisata bisa cukup di Purworejo karena apa-apa ada tidak harus jauh-jauh keluar Jawa Tengah,” ujar Agus Subagiyo.

Sementara itu Kepala Dinparbud Agung Wibowo AP menjelaskan, tentang obyek wisata Purworejo yang terus digencarkan untuk menyongsong Romaza Wisata 2020. Terutama wisata pantai yang tidak dimiliki Wonsobo. “Tentu tidak hanya hari ini Lansia berwisata di Purworejo,  namun kedepan Pak Wakil Bupati bisa mengajak semua OPD untuk berwisata di Purworejo, karena wisata yang dimiliki Purworejo  tidak kalah menariknya dibanding wisata daerah lain. Bahkan banyak memiliki keunikan, sehingga akan lebih terkesan mengunjungi Purworejo,” jelas Agung. (Asp-Sut).

Tidak ada komentar