Breaking News

BPBD BEKALI RELAWAN, PELATIHAN KESELAMATAN



Selasa (27/3/18). Menanggapi situasi alam daerah Purworejo yang membutuhkan perhatian khusus terutama pada kewasapadaan bencana, BPBD Purworejo 
( Badan Penanggulangan Bencana Daerah )  adakan pelatihan SAR ( Search And Rescue ) dalam bahasa inggris yang artinya pencarian dan penyelamatan bencana.

Pelatihan yang  di ikuti lebih dari 60 orang melibatkan relawan tiap desa seperti  relawan desa rawan bencana seperti desa Wonotopo, Karangrejo,, Donorati, Sudimoro dan Donorejo dan beberapa anggota relawan / kelompok yang ada di kabupaten Purworejo.

Dengan mengambil  tema Jungle rescue pelatihan di adakan selama 2 hari, dari tgl 26-27 Maret 2018, satu hari di ruang pertemuan kantor BPBD  sebagai bekal materi dan hari selanjutnya di desa Jelok, kaligesing.  Sebagai bekal praktik. 

Acara yang di buka oleh kepala pelaksana BPBD   Drs Boedi Hardjono mengatakan bahwa  “ Dalam penanganan  bencana terutama  evakuasi medan sulit diperlukan ketrampilan yang memadahi agar dapat menyelamatkan diri sendiri juga. “

Adapun pelatihan yang di berikan seperti, kebijkan penaggulangan bencana, menejemen pencarian dan pertolongan, materi tentang jungle rescue, ada juga  PPGD (Pertolongan Pertama Kedaruratan) yang di sampaikan oleh pemateri ataupun instruktur yang profesional seperti PMI dan Kodim 0708 Purworejo.

Di sisi lain Iman Ciptadi Kasi Kesiap Siagaan ketika di temui wartawan koranpurworejo.com menyampaikan “ Ini salah satu upaya kita untuk mengedukasi masyarakat bawasanya keselamatan itu penting  dan disini dilatih juga untuk menyelamatkan ".

“ lebih baik berdarah darah di medan latihan daripada di medan tempur. “ imbuhnya.

Winarni (34) ibu rumah tangga, relawan desa hargorejo mengatakan “ 
Kegiatan seperti ini sangat bagus kita bisa belajar mendapatkan ilmu dan menularkan ke desa saya sudah juga ada  kegiatan MASTANA ( Masyarakat tanggap Bencana ). (MAS)

Tidak ada komentar