Tradisi Pesta Tangkap Ikan Destinasi Unik Ala Desa Megulung lor - Koran Purworejo

Breaking










Tuesday, February 13, 2018

Tradisi Pesta Tangkap Ikan Destinasi Unik Ala Desa Megulung lor



PITURUH  ( Koranpurworejo.com ) , Minggu,  (11/02/2018)  Di Desa Megulunglor, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo. Warga berbondong-bondong menuju kedung ( Embong ) seluas kurang lebih 1100 Meter persegi. Tepat  di depan Balai Desa Megulunglor. Warga Desa setempat mengadakan tradisi  rutin , Gubyak Ikan.  Acara yang sudah  diselenggarakan bertahun rahun itu, jadi bagian dari pesta petani. 
Seperti dikatakan Purnomo ( 50 th) Kaur Pembangunan Desa Megulung Lor.
  "  Pesta mencari ikan di Embong. Dari dulu sampai sekarang, karena sudah jadi tradisi,  masih tetap dijalankan", Ungkapnya.
" Bahkan tradisi ini, seperti jadi ajang pesta  rakyat. Ratusan  warga terjun bersama, tua muda laki perempuan, seperti adu  kepiawaian menangkap ikan di Embongm", " imbuh Purnomo.

Kegiatan ini di awali dengan membendung aliran  sungai sampai surut,  lalu warga terjun tumpah ruah ke Embong.
Tua muda bagai berlomba menangkap ikan.  Untuk dikonsumsi sendiri, juga  kadang dijual. 
Embong Desa Megulung  jadi destinasi pesta tangkap ikan. ( Foto Barep).

Adapun jenis ikan yang didapat jenis ikan Lele dan Nila . Dulu diawali  di tebar benih ikan dari Dinas Perikan Kabupaten Purworejo . Kemudian secara rutin dipanen dalam kurun waktu selama 3 sampai 5  bulan sekali.

Kepada Koranpurworejo.com, Kepala Desa Megulunglor Hariyadi mengatakan, " Kegiatan ini merupakan salah satu wujud aksi  guyub rukun  warga desa Megulunglor. 
Kegiatan rutin ini diselenggaran setiap tahun, khususnya  menjelang panen padi.",.ungkap  Haryadi.
Diakui Hariyadi, pada saat trafisi ini dilaksanakan, Desa Megulunglor berubah jadi destinasi wisata. " Karena banyak warga berdatangan, menyaksikan jadi  tumpah ruah ", tandasnya. ( Barep - Mas ).

1 comment:

  1. Assalamualaikum wr.wb


    Kami adalah perusahaan pinjaman online terkemuka yang menyediakan layanan yang sangat cepat dan mudah dengan suku bunga rendah untuk pinjaman, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda dalam membangun bisnis Anda dan membuat Anda mandiri secara finansial. Anda harus siap untuk mengembangkan bisnis Anda dan memberi diri Anda dan keluarga Anda kehidupan yang lebih baik dan kesempatan untuk lebih nyaman dengan kehidupan, jangan hanya duduk di sana dan berharap semuanya akan berbalik. ini adalah kesempatan Anda untuk bebas dari semua hutang Anda, dan meningkatkan status keuangan Anda, meminta sejumlah pilihan Anda dan kami akan menyediakannya untuk Anda dalam waktu kurang dari 3 hari. ini adalah kesempatan yang telah Anda doakan, hubungi kami hari ini dan Anda akan sangat senang Anda melakukannya.

    Hubungi kami dengan.
    Perusahaan: Arab Credit Group
    Email: Arabcreditgroup@gmail.com

    ReplyDelete