Breaking News

Peringatan Jumenengan Bupati Tjokronegoro, Jadi Event Wisata Yang Unik.



PURWOREJO (KP) Jumenengan RAA Cokronegoro I sebagai Bupati Purworejo yang diperingati setiap tanggal 27 Februari bakal digelar lebih meriah tahun 2018 ini. Pemerintah Kabupaten Purworejo mengemasnya dalam sebuah rangkaian kegiatan yang melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat luas selama beberapa hari.

Sendratari yang di garap oleh Melania Sinaring Putri dengan konsep memperkenalkan potensi daerah Purworejo , bakal melengkapi  peristiwa digelarnya peristiwa budaya unik tersebut .
Nia menjelaskan  " Kurang lebih ada 70 -an seniman daerah, yang akan  turut tampil, merekan akan menggambarkan  destinasi wisata alam, kuliner dan kearifan lokal Purworejo dengan bentuk sendratari". Tandas Nia.
Suasana gladi resik ( foto  Nurulfa )

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo, saat ditemui wartawan Koran Purworejo mengungkapkan bahwa rangkaian Peringatan Jumenengan tahun ini akan berlangsung sejak 27 Februari  hingga 1 Maret.

“Akan sedikit beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kita menggandeng beberapa OPD untuk mengemasnya menjadi rangkaian kegiatan seni budaya dan pariwisata,” kata Agung Wibowo dalam keterangan persnya di Pendopo Kabupaten Purworejo, Kamis (8/2).
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Purworejo Agung Wibowo ( foto Dok )

Menandai rangkaian kegiatan Jumenengan, sejak 27 Februari pagi hingga sore hari, gamelan peninggalan yang berada di Pendopo Kabupaten akan dibunyikan oleh para pelaku seni dan perwakilan sekolah. Lalu pada malam harinya, akan dilangsungkan resepsi Peringatan Jumenengan dengan acara utama yang selama ini telah mentradisi, yakni Sendratari Bedhayan Cokronegoro. Kemegahan dan keagungan Pendopo Kabupaten kembali akan menggambarkan peristiwa bersejarah prosesi penobatan atau pelantikan  RAA Cokronegoro I sebagai Bupati Purworejo pertama pada 27 Februari 1831 silam.

“Tari Bedahayan ini hanya bisa kita saksikan setahun sekali. Bedanya dari tahun sebelumnya, besok akan kita gelar Sendratari Keprajuritan yang berfilosofi perwujudan semangat untuk membangun Purworejo,” Tambah Agung

Rangkaian Peringatan Jumenengan akan terus berlanjut hingga 1 Maret dengan pameran produk unggulan Purworejo di halaman Pendopo Kabupaten. Berbeda dengan expo yang selama ini digelar rutin, pameran bernuansa tradisional besok bakal diisi dengan sejumlah kegiatan edukatif. Dua diantaranya yakni pelatihan membatik dan membuat kuliner Clorot.

“Beda dengan expo rutin. Besok juga akan kita launching produk-produk unggulan Purworejo dalam kemasan sendratari di halaman Pendopo,” Tandas Agung Wibowo

Lebih lanjut Agung mengungkapkan bahwa rangkaian kegiatan Peringatan Jumenengan telah diproyeksikan sebagai event pariwisata untuk menarik perhatian wisatawan luar daerah. Dalam menyongsong tahun kunjungan wisata Romansa Purworejo 2020, pihaknya juga telah mengagendakan sejumlah event akbar hingga akhir tahun. (Mas-SuTa)

1 komentar: