Breaking News

Peringatan Jumenengan Bupati RAA Tjokronegoro I, Ada Semangat Kebangkitan.




PURWOREJO ( KoranPurworejo ) - JUMENENGAN Raden Adipati Arya (RAA) Tjokronegoro I sebagai Bupati Purworejo pertama pada 27 Februari 1831 silam, diperingati secara meriah oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo pada tahun 2018 ini. Tidak hanya tampak gebyar di luarnya. Namun, ada nilai semangat membangun Purworejo yang diusung dalam setiap detail kegiatan.

Peringatan Jumenengan diprakarsai oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) serta para pelaku seni Kabupaten Purworejo. Rangkaian kegiatan diawali dengan ziarah makam RAA Tjokronegoro I di Desa Bulus Kecamatan Gebang pada Senin (26/2). Selanjutnya mulai Selasa (27/1) hingga Kamis (1/3), beragam acara dalam kemasan seni budaya dihelat di kawasan Pendopo Kabupaten Purworejo. Mulai dari sajian karawitan pelajar, Prosesi Pengetan Jumenengan Tinggalan Dalem RAA Tjokronegoro I, Pagelaran Sendratari, Pameran Potensi Purworejo, Pentas Kesenian Rakyat, Fashion Show Batik Purworejo, hingga Seminar Arsip Nasional

“Peringatan Jumenengan seperti ini kita agendakan menjadi event tahunan daerah mengangkat tema yang berbeda beda. Untuk tahun ini tematiknya seni dan budaya dengan semangat membangun Purworejo,” kata Agung Wibowo, Kepala Dinparbud Kabupaten Purworejo.

Rangkaian acara pada Selasa (27/2) malam menyedot perhatian masyarakat. Sekitar 400 tamu undangan berpakaian adat Jawa serta ratusan masyarakat umum dibuat terpukau dengan tiga suguhan pagelaran tari. Mereka memadati kawasan Pendopo untuk menyaksikan Tari Bedhayan Tjokronegoro, Tari Lawung Jajar, serta Sendratari Greget lan Gumregah. Ratusan masyarakat yang terpaksa tidak dapat memasuki halaman pendopo pun tampak antusias menyaksikan pagelaran di layar lebar yang ada di sekitar alun-alun.

Tari Bedayan yang memberi makna sebagai penyambutan bagi tamu tamu istimewa ( Foto Mas ).

Malam itu, masyarakat mulai beramai-ramai mengunjungi stand pameran sekaligus menjadi saksi peluncuran secara resmi produk unggulan Batik Purworejo.

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM dalam sambutannya saat resepsi Pengetan Jumenengan mengungkapkan bahwa Peringatan Jumenengan merupakan wujud kecintaan, penghormatan, dan  terima kasih kepada RAA Tjokronegoro I yang telah berjuang bagi Kabupaten Purworejo. Hingga kini, masih banyak peninggalannya yang dapat dinikmati dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Beberapa di antaranya yakni Alun-alun Purworejo, Pendopo Kabupaten, Masjid Agung Darul Muttaqin, jalan besar Purworejo-Magelang, dan Sungai Kedung Putri.

“Sampun kathah yasan dalem ingkang saged kawujudaken kangge karaharjan lan sanget migunani tumrap pembangunan Kabupaten Purworejo ing rikala semanten dumugi sakmenika,” ungkapnya menggunakan bahasa Jawa.

Menurutnya, semua peninggalan tersebut menunjukkan besarnya jasa yang dapat menjadi teladan bagi para tokoh atau pemimpin di Kabupaten Purworejo. Lebih dari itu, dapat menumbuhkan semangat masyarakat untuk mewujudkan pembangunan Kabupaten Purworejo selanjutnya. (Top - Mas)

Tidak ada komentar